jika ingin mendapatkan PIN Layanan Mandiri silahkan mendatangi kantor Desa Selong Belanak -- selengkapnya... Menuju desa yang damai ,mewujudkan keterampilan masyarakat untuk kemajuan bersam

Artikel

Rapat Pembentukan Panitia Event BauNayele Desa Selong Belanak

23 Januari 2020 09:39:04  MOH. HAMZAN NAWAWI  294 Kali Dibaca  Agenda Desa

Selong Belanak - Berbicara tentang  Selong Belanak , memang tidak terlepas dari keunikkan yang dimilikinya. Salah satunya budaya uniknya adalah tradisi Bau Nyale.

Tradisi ini adalah kegiatan menangkap cacing laut dengan tangan. Budaya ini hanya digelar sekali dalam setahun.

Nyale adalah sebutan bagi jenis cacing laut oleh orang Lombok yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika. Seorang putri cantik kerajaan yang memilih menceburkan dirinya ke laut lepas.

Alasannya cukup sederhana, Mandalika terkenal cantik. Sehingga banyak pangeran datang untuk memperebutkan Mandalika. Tak menginginkan terjadinya perang, Mandalika memilih untuk terjun ke laut.

Dengan menangkap Nyale, warga mengartikan telah bertemu dengan putri Mandalika yang menjelma sebagai cacing. Tak heran jika dalam pelaksanaannya, ribuan warga dari berbagai usai mengerumuni laut hanya untuk menangkap cacing tersebut.

Legenda Putri Mandalika ini dikenal hampir di seluruh penjuru Pulau Lombok bahkan hingga ke penjuru Pulau Sumbawa. Meski begitu, belum ada bukti kuat sejarah yang menyatakan Mandalika yang sangat melegenda ini.

Proses menangkap Nyale dilakukan dengan menggunakan jaring khusus dan dimulai sejak dini hari menjelang pagi. Dibantu dengan alat penerang seperti senter, warga siap menangkap cacing yang memiliki beragam warna ini di tepi laut. Dibutuhkan kesabaran agar tangkapan banyak, mengingat cacing ini cukup lincah dan licin.

Nyale warna-warni ini dikenal mengandung protein yang tinggi sehingga sangat nikmat dan layak untuk dikosumsi. Tak heran jika setelah menangkapnya, warga langsung memasak dengan cara pepes menggunakan daun pisang. Ini jadi salah satu wisata kuliner yang bisa kamu jajal.

Dalam Rangkan Pelaksanaan Event Tersebut : Desa Selong Belanak akan meelakukan Rapat Pembentukan Panitia BauNyale pada Hari Selasa 04 February 2020 bertemapt di kantor Desa Sementara   yang akan di pimpin langsung oleh Kepala DesaSelong Belanak (Lalu Yahya,SH)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Peta Wilayah Desa

 Peta Desa

 Pemerintah Desa

 Sinergi Program

 Agenda

 Statistik

 Komentar

 Media Sosial

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jln.Pariwisata Selong Belanak - Kuta
Desa : Selong Blanak
Kecamatan : Praya Barat
Kabupaten : Lombok Tengah
Kodepos : 83572
Telepon : 081337779031
Email : dselongbelanak@gmail.com

 Statistik Pengunjung

  • Hari ini:160
    Kemarin:169
    Total Pengunjung:98.716
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.235.182.206
    Browser:Tidak ditemukan

 WRIGE TANI TASTURA

hhtps://inovastek.com/loteng